Search

Cabup Kediri Mas Dhito Salurkan Legalitas 1000 UMKM

Cabup Kediri Mas Dhito Salurkan Legalitas 1000 UMKM

Calon Bupati (Cabup) Kediri tahun 2020, Hanindhito Himawan Pramana (akrab disapa Mas Dhito) membuktikan janjinya membantu proses perizinan (legalitas) 1000 UMKM di Kabupaten Kediri, Jumat (27/11/2020). Foto : A Rudy Hertanto

“Selama delapan bulan terakhir kan saya selalu sampaikan pentingnya legalitas UMKM dan Alhamdulillah hari ini bisa direalisasikan simbolis dari 1200 UMKM yang sudah kita buatkan izin,” katanya.

“Simbolis kita lakukan hari ini karena ini bagian dari merealisasikan apa yang telah kita sampaikan ke masyarakat bahwa saya punya janji untuk membantu legalitas,” sambungnya.

Mas Dhito mengungkapkan, dari 1000 yang dijanjikan, data yang masuk mencapai sekitar 1200 an, “Sebenernya permintaan terus meningkat tapi kita pilah-pilah dulu, artinya terkadang ada juga yang tidak memenuhi persyaratan untuk bisa mendapatkan legalitas,” urainya.

Mendukung eksistensi UMKM di Kabupaten Kediri, Mas Dhito berencana mewajibkan seluruh pegawai pemkab (pemerintah kabupaten) seluruh pegawai PNS yang ada di Kabupaten Kediri untuk menggunakan UMKM.

“Mulai dari cemilan, batik apapun yang berkaitan dengan UMKM itu diwajibkan, nanti saya kalau perlu akan mengadakan event-event tahunan kalau perlu bulanan kita adakan supaya memperkuat produk UMKM,” tuturnya.

“Nanti setelah kita adakan event itu biasanya motivasi atau daya juang dari antara satu dengan pengusaha UMKM ini akan meningkat, lha nanti siapa yang paling kompeten ini yang akan kita siapkan untuk di skala nasional,” ujar Mas Dhito menjelaskan.

Menyambut adanya Bandara Kediri, Mas Dhito menambahkan, perlunya membangun sentra-sentra untuk mempromosikan dan sebagai tempat pemasaran produk-produk UMKM Kabupaten Kediri supaya lebih dikenal oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sementara itu, Binti Kholifah asal Dusun Bedrek Desa Grogol Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, salah satu perwakilan pelaku UMKM dalam penyerahan simbolis mengucapkan terima kasih atas bantuan legalitas dari Mas Dhito.

“Kami dari pelaku UMKM terima kasih sekali untuk Mas Dhito telah membantu legalitas UMKM Kabupaten Kediri, ada seribu UMKM lebih hari ini kami hanya bisa mengucapkan terima kasih gratis pula ini,” ujarnya.

“Bila Mas Dhito nanti ditakdirkan menjadi Bupati Kabupaten Kediri kami bisa dibantu untuk lebih maju lagi UMKMnya,” harap Binti untuk Kabupaten Kediri lebih maju, Kediri Menang. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment