Search

Terungkap Pencurian Relief Makam Bong Cina Kota Kediri, Ada Delapan Lebih Makam Jadi Sasaran

Terungkap Pencurian Relief Makam Bong Cina Kota Kediri, Ada Delapan Lebih Makam Jadi Sasaran

Press Release pengungkapan pencurian relief makam Bong Cina di wilayah Mojoroto di Mako Polres Kediri Kota, Selasa (27/10/2020) Foto -foto : A Rudy Hertanto

Polres Kediri Kota berhasil meringkus empat orang laki-laki yang terlibat dalam dugaan aksi pencurian relief di makam Bong Cina di wilayah Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana mengatakan, perkara ini dilaporkan korban yakni pemilik makam berinisial T pada Jumat (23/10/2020), kemudian ditindak lanjuti dengan dilakukan penyelidikan oleh Satreskrim Polres Kediri Kota.

“24 Oktober 2020 rekan-rekan dari Satreskrim Polres Kediri Kota telah melakukan penangkapan terhadap 4 tersangka yang diduga melakukan kegiatan pencurian berupa relief yang ada di makam Bong Cina di Kecamatan Mojoroto,” kata AKBP Miko, Selasa (27/10/2020).

“Ke empat tersangka ini kami kenakan pasal 363 KUHP (pencurian dengan pemberatan) disini berhasil kita amankan 4 orang tersangka dengan inisial TH kemudian dengan inisial IS kemudian AC dan saudara K,” sambungnya.

AKBP Miko menjelaskan, para tersangka masing-masing memiliki peran dan tugas yang berbeda, TH berperan sebagai penyandang dana membeli ban kemudian juga menyediakan kendaraan yang akan digunakan untuk mengangkut hasil pencurian.

“IS berperan untuk mencongkel menggali dan mengangkat relief ke atas truk yang kita amankan kemudian saudara AC ini berperan sebagai pengangkat relief ke atas truk dan saudara K berperan sebagai orang yang membeli dan menyediakan bahan ban bekas serta menyuruh tersangka AC mengangkat relief ini ke atas truk,” urainya.

Kronologis singkatnya AKBP Miko mengungkapkan, “Saudara TH menerima pesanan untuk mencarikan relief makam yang ada di wilayah Kota Kediri ini kemudian setelah dapat saudara TH menghubungi saudara SR yang hingga saat ini kita masih melakukan pencarian terhadap yang bersangkutan terkait dengan keberadaan SR ini.”

Hasil pemeriksaan awal yang dilakukan terhadap tersangka, aksi pencurian sudah dilakukan dilokasi yang sama selama 3 kali di bulan Oktober ini dan diketahui ada delapan lebih makam yang menjadi sasaran, tersangka berencana menjual barang curian ke luar Kota Kediri namun akhirnya dibekuk Polres Kediri Kota.

“Pertama diperoleh hasil yang kita amankan saat ini ada 15 relief untuk yang pengakuan daripada tersangka sebelumnya dia berhasil mengangkut 10 relief kemudian yang berikutnya ada 2 patung yang dicuri,” tutur AKBP Miko, untuk makamnya tidak ada yang digali, pengakuan tersangka 1 relief dihargai 400 ribu rupiah.

Hingga berita ini ditayangkan, Polres Kediri Kota masih melakukan pengembangan dan proses hukum lanjutan, termasuk menelusuri keberadaan SR. (A Rudy Hertanto)


 

 

 

 

INDEX

Leave a Comment