Search

Kota Kediri Start Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Dosis Pertama

Kota Kediri Start Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Dosis Pertama

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar (akrab disapa Mas Abu) didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri dr. Fauzan Adima dan Alfan Sugiyanto Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Kediri memantau hari pertama pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap kedua dosis pertama di Kantor Kecamatan Mojoroto, Kamis (25/2/2021) pagi. Foto : A Rudy Hertanto

Perlu diketahui, sebelumnya Dinkes Kota Kediri telah mengumumkan, sasaran vaksinasi tahap kedua ini yakni bagi pelayan publik di Kota Kediri diantaranya, DPRD Kota Kediri. TNI dan Polri. ASN (Aparatur Sipil Negara) dan Non ASN Pemkot Kediri, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Kemudian pegawai BUMN atau BUMD, Guru dan Dosen, Tokoh Agama, Pelaku Pariwisata, Pedagang Pasar, Organda, Pengemudi Ojek atau Taksi Online dan Wartawan di Kota Kediri.

Mas Abu mengungkapkan, hari ini pelayan-pelayan publik di Kota Kediri didahulukan mendapatkan Vaksin Covid-19, ada kepolisian, Satpol PP dan pelayan masyarakat.

“Saya mohon doa kepada masyarakat, supaya ini bisa berjalan dengan lancar,” katanya, sampai vaksinasi terus berjalan ke tahap berikutnya.

dr. Fauzan menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua dosis pertama ini ditargetkan selama seminggu ke depan tuntas.

Alfan menambahkan, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua dilakukan secara bertahap dengan total cakupan penerima vaksin sekitar 11.025 orang, “Hari pertama ini ada delapan tempat pelaksanaan,” ujarnya.

“Kantor Kecamatan Mojoroto, Pesantren dan Kota (di kantor Kelurahan Banjaran), RS Gambiran, RS Muhammadiyah, RS Baptis, RS Bhayangkara dan RS DKT,” sambungnya.

Lebih lanjut Alfan menjelaskan, mengawali vaksinasi tahap kedua, suntikan Vaksin Sinovac diprioritaskan diberikan kepada mereka yang setiap harinya memberikan pelayanan, berhadapan langsung dengan masyarakat umum.

“Seperti pegawai kecamatan, kelurahan, Satpol PP, Dishub, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan beberapa tenaga kesehatan (nakes) yang pada tahap pertama kemarin belum mendapatkan vaksinasi,” urainya, sedangkan lainnya akan divaksin di hari selanjutnya.

“Setelah mendapatkan Vaksin Covid-19 dosis pertama, terhitung selama empat belas hari kemudian, penerima vaksin akan mendapatkan suntikan dosis kedua,” pungkas Alfan.

Meskipun sudah divaksin, masyarakat diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) 5 M yaitu, Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun di Air Mengalir, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas.

Usai dari Kantor Kecamatan Mojoroto, pemantauan pelaksanaan vaksinasi dilanjutkan di RS Gambiran Kota Kediri. (A Rudy Hertanto)


 

 

 

 

INDEX

Leave a Comment