Search

Polres Kediri Kota Sterilisasi Gereja Jelang Perayaan Natal 2020

Polres Kediri Kota Sterilisasi Gereja Jelang Perayaan Natal 2020

Polres Kediri Kota bersama Tim JIBOM Sat Brimob Kompi C Polda Jawa Timur (Jatim) melakukan sterilisasi pengamanan jelang ibadah perayaan Natal, di delapan gereja besar yang ada di wilayah hukum Polres Kediri Kota, Kamis (24/12/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Sterilisasi pertama dilakukan petugas di Gereja Merah Kota Kediri, petugas juga mengerahkan pasukan K9 (anjing pelacak) dan menggunakan alat metal detector serta kaca spion untuk mendeteksi keberadaan bahan berbahaya yang berpotensi menimbulkan teror dan gangguan keamanan.

Penyisiran dan pemeriksaan dilakukan petugas di area dalam maupun di lingkungan gereja, tempat duduk dan berbagai perlengkapan termasuk seluruh sudut ruangan yang akan digunakan untuk Ibadah Natal tak luput dari pemeriksaan petugas.

Waka Polres Kediri Kota, Kompol Wachid Arifaini mengungkapkan, sterilisasi ini dilakukan di delapan gereja yang sudah menyampaikan jadwalnya melaksanakan Misa Natal.

“Kita hadir untuk memberikan rasa nyaman dan keamanan untuk memastikan bahwasanya di dalam gereja di lingkungan, steril dari ancaman mungkin teror ataupun yang lainnya,” ungkapnya.

Kompol Arifaini menjelaskan, sedangkan untuk pengamanan berlangsungnya Misa Natal, setiap gereja pihaknya akan menerjunkan sekitar 15 personil.

Sementara itu, pengelola Gereja Merah Kota Kediri mengucapkan terima kasih atas perhatian dari kepolisian dalam pengamanan perayaan Misa Natal.

Wahyu selaku Ketua 3 Gereja Merah Kota Kediri menuturkan, mengingat masa pandemi covid-19, pelaksanaan Ibadah Natal di Gereja Merah dilaksanakan dengan pembatasaan, maksimal diikuti 50 orang sesuai protokol kesehatan covid-19 dan secara daring.

Usai dari Gereja Merah, petugas bergerak melakukan sterilisasi di Gereja Santo Vincentius, GKJW, Gereja Getsemani, Gereja Santo Yosef, Gereja Baptis Setia Bakti, GKI dan Aula Wisma Betlehem di kawasan Gereja Puhsarang Kediri. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment