Search

Kemenparekraf : Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional

Kemenparekraf : Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional

Sandiaga Salahudin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Denny Caknan dan Cak Precil mendatangi Café Sawah di Desa PujonKidul Kabupaten Malang, Sabtu (22/5/2021). Foto : Istimewa

Sebelum di bangun café, lahan tersebut digunakan untuk bercocok tanam dengan penghasilan Rp 100 juta / hektar setiap tahunnya.

Namun sejak ada pendekatan ekonomi kreatif, kini dapat menghasilkan milyaran rupiah setiap tahunnya.

Sandiaga Uno berharap hal ini dapat menjadi contoh dan motivasi untuk desa-desa lain di Indonesia agar dapat berkembang dan membuka lapangan kerja.

Kunjungan ini juga untuk mempromosikan potensi desa wisata dan Launching Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di Desa PujonKidul Kabupaten Malang.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang di galakkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan menangkat tema “Indonesia Bangkit”.

Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap program ini mampu menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domustik maupun mancanegara.

Serta mendorong daerah untuk menciptakan desa wisata baru yang dapat membangkitkan ekonomi desa.

“Agar ekonomi kita pulih, lapangan kerja kita ciptakan kembali, yang kedua kita ingin meningkatkan keterampilan, kemampuan dari pengelola desa wisata untuk beradaptasi dengan teknologi digital agar peluang-peluang masa depan bisa di dapat dan kita bisa jadi pemenang dan kita bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Denny Caknan Seniman mengatakan café Sawah merupakan tempat wisata yang sangat menarik dan menyarankan untuk wisatawan berkunjung ke café Sawah desa PujonKidul dan berharap agar desa lain bisa mencontoh desa wisata PujonKidul.

“Wisatawan dari mancanegara silakan datang ke sini dan untuk desa-desa lain semoga bisa meniru desa ini dan bisa menjadi pusat wisata di daerahnya masing-masing,” urainya.

Hal senada juga di sampaikan oleh rekan senimannya Cak Precil, menurutnya café sawah ini tidak hanya memiliki pemandangan yang bagus tetapi juga meruapakan tempat wisata yang lengkap.

“Ini bagus, ada tempat fotonya, yang paling penting sekarang wisata itu foto, tempatnya foto bagus, terus disini tanaman-tanaman banyak, ada homestay, sini sudah komplit,” tuturnya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap dengan adanya Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, dapat mencatat lebih dari 700 desa wisata dalam data desa wisata Indonesia.

Nantinya desa-desa wisata yang sudah di daftar akan memasuki babak penilaian mulai Agustus 2021 dan pengumuman 4 desa terbaik serta 1 desa terfavorit akan diumukan pada acara malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang akan diselenggarakan pada 7 Desember 2021. (*) (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment