Search

Ketahui, Imunisasi Rutin Lengkap Saat Pandemi Covid-19

Ketahui, Imunisasi Rutin Lengkap Saat Pandemi Covid-19

Apa sih Imunisasi ? Imunisasi merupakan suatu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga bila kelak ia terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau sakit ringan.

Mengapa harus Imunisasi ? Imunisasi merupakan cara terbaik untuk melindungi anak Anda dari penyakit serius, dengan melakukan imunisasi Anda melindungi anak Anda dan juga masyarakat luas.

Semakin banyak orang yang mengimunisasikan anak mereka, semakin tinggi kemampuan kita untuk mengendalikan Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

Pelayanan Imunisasi dapat diperoleh di Puskesmas, Puskesmas Pembantu (Pustu), Rumah Sakit, BPM (Bidan Praktek Mandiri), Sekolah (BIAS) dan Fasilitas Kesehatan lainnya.

Kapan harus Imunisasi ? Berdasarkan usia dan jenisnya, Imunisasi diberikan kepada anak berusia <24 jam (Hepatitis HBO), 1 bulan (BCG, OPV 1), 2 bulan (DPT-HB-Hib 1, OPV 2), 3 bulan (DPT-HB-Hib 2, OPV 3), 4 bulan (DPT-HB-Hib 3, OPV 4 dan IPV), 9 bulan (MR), 18 bulan (MR, DPT-HB-Hib), Kelas 1 (MR, DT), Kelas 2 (Td), Kelas 5 (Td).

Vaksin aman dan efektif, dimana manfaat Imunisasi jauh melebihi resikonya akan tetapi sama seperti obat lainnya yang kadang-kadang menyebabkan efek samping.

Biasanya ringan dan tidak berlangsung lama yang berupa bengkak dan bercak merah di daerah suntikan, efek samping serius SANGAT JARANG terjadi.

Pelaksanaan Imunisasi saat pandemi covid-19 bagi masyarakat yakni pelayanan Imunisasi untuk anak tetap berjalan sesuai jadwal.

Wajibnya, Imunisasi diberikan kepada anak bukan tanpa alasan, Imunisasi lewat pemberian vaksin akan membantu sistem imun anak memproduksi antibodi khusus untuk melawan beragam penyakit infeksi berbahaya yang mengancam anak-anak seperti, hepatitis B, difteri, polio dan lain-lain.

Jika keadaan tidak memungkinkan bagi Bunda atau Si Kecil untuk keluar rumah, Imunisasi bisa ditunda paling lama 1 (satu) bulan, namun sebisa mungkin usahakan agar Imunisasi dasar tetap diberikan sesuai jadwal.

Jaga Jarak itu Penting. Membekali Anda dengan rasa aman membawa anak Imunisasi ke fasilitas kesehatan saat pandemi seperti sekarang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah Imunisasi.

Panduan sebelum dan sesudah Imunisasi anak diantaranya, pastikan anak dalam keadaan sehat atau tidak mengalami demam atau gejala sakit lainnya.

Sebelum berangkat untuk Imunisasi ke puskesmas, rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya lebih baik Bunda menghubungi dokter atau pihak pelayanan kesehatan terlebih dahulu untuk membuat janji kedatangan.

Hal ini adalah salah satu antisipasi agar Bunda dan Si Kecil tidak terlalu lama menunggu di tengah keramaian.

Kemudian, pastikan pendamping yang menemani anak untuk Imunisasi dalam keadaan sehat, sebaiknya saat pandemi seperti sekarang anak hanya didampingi oleh 1 (satu) orang dewasa ketika Imunisasi.

Pastikan pada fasilitas kesehatan apakah mereka memisahkan ruangan antara anak yang Imunisasi dengan yang konsultasi atau berobat ke dokter karena sakit.

Pastikan fasilitas kesehatan memiliki ruang yang cukup luas agar pada saat menunggu giliran Imunisasi Anda tetap bisa menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman minimal 1-2 meter.

Atau jika tempat fasilitas kesehatan penuh, sebaiknya Anda dan anak menunggu di ruang atau tempat lain.

Bila Si Kecil sudah bisa berlari-larian, tahan agar ia tidak ke mana-mana, terutama saat di fasilitas kesehatan.

Pastikan fasilitas kesehatan memiliki tempat cuci tangan lengkap dengan ketersediaan sabun bersih serta air mengalir.

Pendamping wajib mencuci tangan saat masuk, jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer di tas Bunda.

Tunggulah sekitar 30 menit setelah Imunisasi untuk melihat ada atau tidaknya reaksi alergi berat pada anak pasca Imunisasi.

Begitu sampai di rumah segera ganti baju anak, sedangkan untuk pendamping harus langsung mandi dan mengganti baju, baru aman untuk menggendong anak kembali.

Jangan lupa juga langsung merendam pakaian, gendongan, kaos kaki, sarung tangan anak dan pendamping yang dipakai saat ke fasilitas kesehatan untuk Imunisasi.

Demikian informasi Imunisasi rutin lengkap saat pandemi covid-19 disampaikan oleh Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kediri, Jumat (18/12/2020). Sayangi BUAH HATI anda dengan IMUNISASI. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment