Search

Mas Dhito : Pelatihan untuk Optimalkan UMKM Kabupaten Kediri

Mas Dhito : Pelatihan untuk Optimalkan UMKM Kabupaten Kediri

Mas Dhito saat blusukan dan bertemu pelaku UMKM di Desa Pehkulon Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, Sabtu (14/11/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Mas Dhito (sapaan akrab Hanindhito Himawan Pramono) Calon Bupati (Cabup) Kediri tahun 2020 mengungkapkan sejumlah catatannya ketika blusukan dan bertemu pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di beberapa wilayah di Kabupaten Kediri.

Menurut Mas Dhito, pertama yang perlu diperhatikan yakni masih adanya pelaku UMKM yang tidak menampilkan masa expired pada produk makanan maupun minumannya.

“Kebiasaan para pelaku UMKM itu yang pertama tidak mencantumkan masa kadaluarsa untuk berjualan makanan ringan baik itu makanan maupun minuman,” katanya.

Hal kedua yaitu tidak adanya informasi lokasi serta nomor kontak pembuat produk alias produsen yang bisa dihubungi konsumen (pelanggan) apabila ingin membeli kembali atau repeat order (ro).

“Tidak mencantumkan dimana tempat atau nomor kontak yang bisa dihubungi,” ujarnya.

Mas Dhito mengatakan, banyak produk makanan dan minuman UMKM di Kabupaten Kediri yang berkualitas, rasanya enak-enak.

Saat blusukan, seringkali Mas Dhito mencicipi dan membeli banyak jenis produk milik UMKM di Kabupaten Kediri.

Sempat suatu ketika Mas Dhito hendak melakukan repeat order sebuah produk UMKM Kabupaten Kediri yang telah dibeli, namun setelah dilihat kemasannya ternyata tak ada informasi kontaknya.

“Waktu itu ada makanan melinjo itu enak betul tapi saya enggak tahu harus beli dimana, ini mereka biasanya belum mencantumkan nomor untuk gimana kalau mau belinya,” tutur Mas Dhito.

Seperti disampaikan Mas Dhito, banyak sekali pelatihan-pelatihan yang harus diberikan bagi UMKM di Kabupaten Kediri, mulai dari manajemennya, bagaimana produksinya.

Kemudian pengemasan, pemasaran hingga analisa kekuatan sampai kesempatan agar produknya bisa berkembang.

Perlu diketahui, mendukung keberadaan UMKM di Kabupaten Kediri, Mas Dhito memiliki program yang kini telah direalisasikan yakni “Seribu Legalitas UMKM” bergerak memberikan bantuan secara gratis dalam pengurusan izin UMKM bagi masyarakat Kabupaten Kediri. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment