Search

Polres Kediri Kota Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Masa Pandemi Covid-19

Polres Kediri Kota Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Masa Pandemi Covid-19

Peserta terdiri dari Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), Babinsa (Bintara Pembina Desa), unsur perangkat kelurahan maupun desa serta relawan berasal dari lima belas Kampung Tangguh di wilayah hukum Polres Kediri Kota mengikuti pelatihan tata cara pemulasaran jenazah di masa pandemi covid-19, Senin (13/7/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Berada di Ruang Rupatama Polres Kediri Kota di jalan KDP Slamet Kota Kediri, para peserta mendapatkan materi pelatihan dari tenaga medis Rumah Sakit Bhayangkara Kediri, mengenai tindakan-tindakan urgent berkaitan pengamanan diri ketika melakukan penanganan jenazah terkonfimasi positif covid-19.

Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana mengatakan, dalam pelatihan ini pihak Polres Kediri Kota bekerjasama dengan RS Bhayangkara Kediri bertujuan agar para peserta memiliki kemampuan dalam hal pemulasaran jenazah.

Serta memberikan edukasi kepada warga masyarakat terkait dengan penanganan jenazah yang saat ini dilaksanakan di beberapa rumah sakit yang ada di wilayah Kota Kediri.

AKBP Miko berharap tidak ada penolakan terhadap jenazah yang akan dimakamkan maupun pengambilan paksa jenazah-jenazah di rumah sakit yang ada di Kota Kediri.

Diungkapkan AKBP Miko, apabila hal itu terjadi kepolisian tak segan memberikan sanksi hukum sesuai undang-undang berlaku, maka edukasi dan sosialisasi kepada warga masyarakat gencar dilaksanakan.

“Diharapkan dengan adanya edukasi dan sosialisasi ini masyarakat mengerti terkait apa yang dilakukan dan apa yang bisa mereka lakukan apabila terdapat warganya yang terkonfirmasi positif (covid-19) yang kebetulan meninggal,” urainya.

AKBP. Miko menuturkan, hasil dari kegiatan pelatihan ini tentunya membantu dan bersinergi dengan gugus tugas yang ada baik itu ditingkat Kabupaten dan Kota hingga tingkat kelurahan dan desa. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment