Search

Polisi Disposal Temuan Mortir di Hutan Sumberbentis Manyaran Banyakan Kediri

Polisi Disposal Temuan Mortir di Hutan Sumberbentis Manyaran Banyakan Kediri

Sebuah benda diduga mortir ditemukan di Hutan Sumberbentis Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri pada Kamis (10/6/2021), demikian dikabarkan Jumat (11/6/2021). Foto : Polres Kediri Kota

Kasubbag Humas Polres Kediri Kota, AKP Ni Ketut menjelaskan, kejadian penemuan itu terjadi sekitar pukul 10.24 WIB di letak petak 130 blok Watu Abang telah ditemukan sebuah bahan peledak (handak) jenis mortir dalam kondisi sudah berkarat dengan ukuran diameter 9 cm panjang 40 cm.

AKP Ni Ketut menerangkan, saksi-saksinya yakni dua laki-laki diantaranya, Suntoko (44) KRPH Pojok beralamat Dusun Kamal Desa Banyakan Kabupaten Kediri, Sutoyo (68) seorang buruh tani alamat Dusun Ngesong Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.

Kemudian perempuan yaitu Suparni (52) petani beralamat di Dusun Ngesong Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.

Kronologis kejadiannya, sekira pukul 09.00 WIB Saksi Suparni saat pergi di hutan klotok untuk mencari rumput atau pakan kambing tepatnya diarea hutan Sumberbentis Dusun Ngesong Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri letak petak 130 blok Watu Abang telah mengetahui barang berupa besi.

Dengan adanya temuan barang tersebut selanjutnya Saksi Suparni pulang memberitahu kepada Saksi Sutoyo yang selanjutnya dilaporkan kepada Saksi Suntoko selaku pemangku hutan.

Mengetahui hal tersebut kemudian dilaporkan kepada pihak Polsek Banyakan, selanjutnya dilakukan cek lokasi dan benar dilokasi ada barang berupa mortir dalam kondisi menancap di tanah.

AKP Ni Ketut mengatakan, langkah yang diambil kepolisian langsung mengamankan lokasi dengan memasang police line dan melakukan kordinasi dengan Polres Kediri Kota hingga akhirnya mendatangkan Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim yang dipimpin oleh Bripka Choirul Hakim.

Tepat pukul 15.45 WIB temuan mortir itu dilakukan disposal atau dimusnahkan oleh team Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim di lingkungan lahan Perhutani yang jauh dari pemukiman penduduk. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment