Search

Langkah Strategis Mas Dhito Dongkrak Hasil Peternakan Sapi Kabupaten Kediri

Langkah Strategis Mas Dhito Dongkrak Hasil Peternakan Sapi Kabupaten Kediri

Sejumlah point penting menjadi perhatian Mas Dhito saat blusukan dan berdialog dengan para peternak sapi di Desa Wonorejo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Senin (9/11/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Mas Dhito (sapaan akrab Hanindhito Himawan Pramono) Calon Bupati (Cabup) Kediri tahun 2020 mengungkapkan, dialog bersama peternak sapi setempat dimaksudkan untuk mencari solusi atas persoalan yang dihadapi.

Dengan harapan, aktifitas peternakan sapi di Kabupaten Kediri dapat dioptimalkan lebih baik lagi.

Mas Dhito mengatakan, “Jadi yang pertama kita harus cek pakannya, nah tadi saya tanya sudah pernah dimasukan ke lab pakan atau belum, terkait pakan yang mereka berikan kepada sapi tersebut ternyata belum pernah.”

“Artinya untuk meningkatkan kualitas susu maupun kalau itu sapi potong (daging) itu harus meningkatkan kualitas pakannya, maka saya mintakan untuk dimasukkan ke lab pakan,” sambung Mas Dhito.

Apabila melalui perbaikan pakan ternak masih belum menunjukkan hasil yang signifikan, Mas Dhito menyebutkan perlu ada bibit unggul untuk mendongkrak peternakan di Kabupaten Kediri.

“Kalau memang ini masih belum maksimal maka ya memang harus ada bibit-bibit unggul yang harus didatangkan ke Kabupaten Kediri,” tutur Mas Dhito.

“Karena tadi kalau saya lihat dari segi sapinya, bibitnya masih kurang baik masih kurang maksimal artinya kalah bersaing dengan Malang,” katanya usai mengecek kondisi peternakan di desa setempat.

Mas Dhito menjelaskan, dari genetika sapinya dan pakan itu sangat berpengaruh terhadap kualitas dari susu maupun dagingnya.

“Pakannya harus diperbaiki, yang kedua kalau memang pakan belum bisa juga, bibitnya harus diperbaiki supaya lebih maksimal lagi,” ujar Mas Dhito menegaskan. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment