Search

Sinergi Kadin Kabupaten Kediri Perkenalkan Online Single Submission ke UMKM

Sinergi Kadin Kabupaten Kediri Perkenalkan Online Single Submission ke UMKM

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Kediri bekerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Kediri, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Pare dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kediri melaksanakan pelatihan Online Single Submission (OSS), Jumat (06/11/2020). Foto : Pratikto Rendra Putranto

Hj. Yekti Murih Wiyati Ketua KADIN Kabupaten Kediri mengungkapkan, kegiatan bertajuk “Datang tidak berijin, Pulang langsung bawa ijin” ini bertujuan membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kediri dalam mendaftarkan perijinan dengan sistem OSS.

Pelatihan berlangsung di Pare’s Coffe Jalan PK Bangsa Pare Kabupaten Kediri, dihadiri oleh para pelaku UMKM yang ingin mengurus perijinan sendiri dengan dipandu langsung oleh DPMPTSP Kabupaten Kediri.

Yogha Satria, Ketua HIPMI Kabupaten Kediri mengatakan, sehingga nanti pada saat pelaku usaha pulang itu sudah menjalankan usahanya dengan tenang itu sebetulnya.

Dwi Agus Rohmadi selaku staf DPMPTSP Kabupaten Kediri menjelaskan, OSS merupakan perijinan secara online, dan itu bisa diproses sendiri oleh pelaku usaha, bisa diproses sendiri di rumah dengan menggunakan internet.

Dwi menambahkan, bagi mereka yang tak hadir dalam pelatihan, dapat mempelajarinya melalui situs oss.go.id ada panduannya atau datang di kantor DPMPTSP lantai satu di bagian pelayanan.

Sementara itu, Abdul Ghofur salah satu peserta pelatihan merasa mendapatkan pengalaman positif bisa mendaftar OSS, jadi punya perizinan NIB (Nomor Induk Berusaha), prosesnya juga mudah tak sesulit yang dibayangkan.

Selain pelatihan OSS, KADIN Kabupaten Kediri bersama BRI Kantor Cabang Pare juga memberikan pemaparan tentang transaksi keuangan secara online menggunakan aplikasi mobile banking.

Hj. Yekti Murih Wiyati Ketua KADIN Kabupaten Kediri menerangkan, sesuai dengan materinya untuk online, semua kan serba online dan kalau keuangan kan serba Cashless apalagi BRI juga sekarang semuanya systemnya mendukung untuk Cashless.

Jadi banyak sekali pengusaha yang tidak sempat ke bank bisa pakai mobile banking, sehingga memudahkan kita sebagai pengusaha dalam bertransaksi. (Pratikto Rendra Putranto)

INDEX

Leave a Comment